Fakta Nyi Loro Kidul

Sosok Nyi Loro Kidul mengundang tanya diseputar ada atau tidak adanya sosok tersebut. Ada beragam versi dari berbagai daerah mengisahkan asal mula Nyi Loro Kidul. Namun, apapun pertanyaannya ada sebuah fakta yang menurut penulis merupakan permasalahan utama untuk diungkapkan, yaitu mengapa Sutawijaya dan raja-raja keturunannya tidak membuat, tidak memiliki, tidak menyampaikan lukisan sebenarnya dari sosok Nyi Loro Kidul dalam bentuk gambar melainkan hanya mewakili keberadaannya dari ciri-ciri yang dibahasakan dari mulut ke mulut. Jauh sebelum kemunculan cerita Nyi Loro Kidul ada banyak arca dewa dan bekas-bekas telapak kaki mereka dibebatuan, lukisan Yesus, Jin, Siluman, patung Budha,hingga gambaran binatang-binatang laut raksasa yang mudah ditemukan. Meskipun diantara yang disebutkan tergolong mitos karena diragukan zaman sekarang ada yang mengimaninya seperti patung Zeus, Poseidon dan Hades dengan usia yang jauh lebih tua dari cerita adanya Nyi Loro Kidul. Namun ajaibnya, lukisan maupun patung Nyi Loro Kidul dari zaman Sutawijaya hingga Sultan Agung sama sekali tidak ada sekalipun dalam bentuk sederhana. 

Sungguh mengundang tanya, apakah makhluk ini memiliki kemuliaan melebihi dewa? Atau terpengaruh ajaran Islam seperti pengharaman membuat lukisan Nabi. Lantas, apa pula kekuatan pengaruhnya dengan kelangsungan Mataram yang berlokasi dipedalaman dan bukan dipesisir pantai. 

Akan mudah diterima jika cerita tersebut bermula muncul dari kerajaan pesisir Demak maupun kerajaan Melayu. Atau memang sengaja dibuat untuk menggetarkan hati para penguasa pesisir untuk takluk dan tidak menyerang daratan Mataram. 

Sebab akan disapu lautan Kidul dan dibakar habis oleh hujan api gunung Merapi. Nyatanya, para penjajah Belanda dan Jepang dengan enteng berlari dan bernyanyi sorak sorai menguasai Indonesia. Kemana dan kontribusi apa saja Nyi Loro Kidul yang agung, dimuliakan dan dihormati dalam mitologi Jawaselama ratusan tahun Indonesia di jajah?

Ada banyak lukisan tentang Nyi Loro Kidul, diantara yang tergolong dikeramatkan adalah lukisan Nyi Loro Kidul karya Basuki Abdullah. Menyimak lukisan dimaksud penulis berkesimpulan, sosok Nyi Loro Kidul yang dilukis Basuki Abdullah bukanlah sosok Nyi Loro Kidul yang sebenarnya. Kalaupun karya Basuki Abdullah dipaksakan sebagai hasil olah spiritualnya menyaksikan Nyi Loro Kidul, hasil yang dibuatnya merupakan keraguan spiritual. Basuki Abdullah ingin mengatakan wujud Nyi Loro Kidul adalah tiada. Ketiadaan tersebut dilukisannya dari inspirasi pengetahuan sejarah selama hidupnya kedalam wujud sebuah lukisan yang hingga kini tergantung didinding sebuah kamar hotel.

Berikut gambaran inspirasi pengetahuan Basuki Abdullah yang disatupadukannya kedalam sebuah lukisan. Tulisan ini juga tidak bermaksud menafikan keyakinan masyarakat akan keberadaan Nyi Loro Kidul :

0 Komentar

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel, karena semua komentar akan saya moderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Thanks :)

Salam Damai

Banner Iklan Sariksa
Banner Iklan Sariksa
Banner Iklan Sariksa